Cara Membuat Landing Page Website Yang Baik Untuk Mendapatkan Konversi Yang Tinggi

0
12
views
Cara Membuat Landing Page yang Mendapatkan Konversi Tinggi

Cara Membuat Landing Page yang Mendapatkan Konversi Tinggi – Perkembangan teknologi dewasa ini membawa dampak yang sangat positif bagi perkembangan ekonomi masyarakat indonesia, khususnya untuk pelaku bisnis, teknologi sudah jadi sahabat terbaik untuk sekedar mempertahankan bisnis atau bahkan membantu mengembangkan bisnis di era digital seperti sekarang ini.

Namun sayangnya, para pelaku bisnis seperti latah mengikuti trend digital yang berkembang begitu pesat, tanpa mempersiapakan hal-hal kecil yang sebenarnya menjadi syarat utama agar strategi yang diterapkan dalam mengikuti trend ini bisa berjalan dengan efektif, salah satunya adalah membuat Landing Page yang baik. Para pelaku bisnis harus memahami bagaimana cara membuat Landing Page yang mendapatkan konversi tinggi untuk meningkatkan penjualan bisnis mereka.

Pengertian Landing Page dan Fungsinya

Sebelum bahas lebih lanjut, ada baiknya kita remain kembali apa sebenarnya pengertian landing page seberta fungsinya. Landing Page merupakan halaman yang dikunjungi pertama kali oleh pengunjung saat mereka menemukan kampanye iklan yang sedang kamu jalankan, baik dari social media, search engine, iklan berbayar dan media periklanan lainnya.

Sedangkan fungsi halaman yang disebut Landing Page ini sendiri secara umum adalah untuk mendapatkan calon pembeli atau pemakai jasa atau tujuan lainya dari internet. Tujuan utamanya sendiri berbeda-beda, ada yang membuat kampanye hanya untuk sekedar mengumpulkan email pengujung untuk newsletter, ada juga untuk sekedar mendapatkan database, dan yang paling banyak adalah untuk membeli produk atau memakai jasa yang di tawarkan.

Pertanyaan sering muncul setelah banyak bakar duit untuk biaya kampanye marketing adalah kenapa konversinya sangat rendah, hal ini pasti banyak di alami oleh pelaku bisnis yang mengandalkan ineternet sebagai media utama untuk memasarkan produk dan jasa yang ditawarkan. Konversi itu sendiri adalah tindakan pengunjung yang kamu inginkan dari tujuan utama iklan yang kamu jalankan.

Lalu, bagaimana cara membuat landing page yang baik untuk meningkatkan konversi pada sebuah kampanye iklan?, simak ulasan lengkap berikut ini.

Cara Membuat Landing Page yang Mendapatkan Konversi Tinggi

Setelah membaca penjelasan diatas sekarang harusnya kamu sudah memahami apa itu istilah landing page dan fungsinya sendiri. Dalam kasus ini diasumsikan kampanye iklan yang kamu jalankan semuanya mendapatkan klik yang banyak, baik dari kampanye yang dijalankan di Google Adwords, SEO, Email Marketing, Display Advertising dan media pengiklan online lainnya. Berikut langkah-langkah yang harus kamu perhatikan bagaimana cara membuat Landing Page yang mendapatkan konversi tinggi.

Baca Juga :

#1 Buat Tujuan Kampanye Iklan Yang Jelas dan Terukur

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat tujuan kampanye yang jelas dan terukur, jangan sampai kamu membuat sebuah kampanye yang tujuannya masih samar, karena kalu tujuan kampanye kamu sudah jelas, faktor pendukung lainnya akan lebih mudah kamu jalankan.

#2 Desain Yang Menarik dan Gunakan Domain TLD.

Setuju atau tidak, ketika pengunjung pertama kali tiba di landing page yang kamu buat, hal pertama yang akan jadi perhatian mereka adalah desain dan layout landing page yang pada kampanye yang sedang kamu jalankan, selain desain, nama domain juga sangat berpengaruh, kenapa tidak, karena hal ini menyangkut kredibiltas dan trust dari pengunjung.

Bayangkan ketika pengunjung yang klik iklan kamu tiba di landing page tersebut menemukan desain yang tidak menjual dan masih menggunakan domain dan pltfom gratisan. Tentu, meskipun Landing Page kamu menawarkan apa yang pengunung cari, sedikit banyak akan ragu untuk melakukan tindakan yang kamu inginkan.

#3 Gunakan Bahasa yang Baik dan Mudah di Pahami

Dalam kasus ini, faktor yang menjadi syarat utama dari startegi digital pada umumnya masih sangat dominan, ya, “content is a king”, kamu masih harus memperhatikan konten yang kamu sajikan di Landing Page tersebut. Gunakan bahasa yang baik dan mudah di mengerti oleh pengunjung. Jika kamu belum memahami betul standard copywriting yang baik, di sarankan sebaiknya kamu menggunakan jasa orang lain yang lebih ahli dalam bidang ini, bisa dengan menggunakan jasa copywriting tentunya.

#4 Perhatikan Loading Landing Page Kamu

Kamu harus memahami jika tidak semua pengunung kamu memiliki koneksi internet yang cepat, jadi kamu harus cek kembali apakah Landing Page yang kamu gunakan untuk kampanye tersebut sudah memiliki loading yang cepat, sebab jika Landing Page yang kamu gunakan lambat tentunya akan menyebabkan bounce rate yang tinggi dan pengujung meninggalkan Lanfding Page kamu sebelum mengetahi informasi yang ada di Landing Page tersebut.

Untuk pengecekannya sendiri kamu bisa menggunakan beberapa website yang menyediakan layanan tersebut, dalam hal ini kamu bisa gunakan tools gratis seperti GTMetrix, Pingdom atau PageSpeed Tools dari Google. Silahkan analisa dan lakukan perbaikan dari saran tools yang kamu gunakan. Untuk pengunjung dari mobile sebaiknya kamu perhatikan juga untuk membuat Landing Page kamu sudah standard AMP (Accelerated Mobile Pages).

#5 Gunakan CTA (Call to Action) yang Jelas

CTA (Call to Action) ini punya peran yang sangat vital untuk mengukur dan menghitung konversi dari kampanye yang sedang kamu jalankan, jadi kamu harus menggunakan CTA yang jelas pada Landing page yang kamu gunakan, hal ini punya kolerasi yang kuat dengan tujuan kampanye kamu, apa yang kamu harapan dari kampanye ini, apa yang kamu ingin pengunjung lakukan setelah tiba di Landing Page tersebut. Contoh CTA yang baik adalah kamu ingin pengunjung mengisi contact form yang sudah di sediakan, menghubungi nomor telepon kamu, mengirim kamu email, mengunduh katalog, dan lain sebagainya, silahkan sesuaikan dengan tujuan kampanye kamu tersebut.

Nah itulah sedikit informasi yang bisa kami bagi tentang bagaimana cara membuat Landing Page yang mendapatkan konversi tinggi, semoga artikel ini membantu permasalahan kamu ya, dan semoga konten-konten lain yang kami tawarkan juga bermanfaat.

Jangan sungkan untuk membagikan artikel ini ke teman dan kerabat jika menurut kamu bermanfaat ya. Terima Kasih.

Komentar Terbaru

LEAVE A REPLY