Cita Rasa Kuliner Keripik Sukun Manokwari Papua Barat

0
53
views
Keripik Sukun Manokwari Papua Barat

Jika berkunjung ke Manokwari, kamu wajib mencoba keripik sukunnya yang lezat, sebab memililiki rasa yang berbeda dengan keripik sukun biasanya dijumpai. Bahkan jika kamu bertanya ke beberapa orang yang sudah pernah berkunjung ke Manokwari, mengenai makanan khas apa dari daerah Manokwari tersebut, pastinya mereka akan langsung menjawab keripik sukun manokwari .

Jika dilihat dari segi penampilannya, keripik sukun khas Manokwari Papua Barat ini tak ada bedanya dengan keripik sukun yang biasanya dijumpai, akan tetapi saat kamu mencoba mencicipi keripik sukun tersebut, barulah akan bisa tahu perbedaan rasanya.

Pada gigitan pertama keripik sukun asli Manokwari ini pastinya akan berkesan renyah. Rasa gurih yang bercampurkan dengan manis asli sukun pun juga sangat nikmat di lidah. Dan rasa tersebut tentunya tidak akan pernah kamu rasakan pada saat menikmati keripik sukun yang ada di daerah lainnya, sebab keripik sukun Manokwari ini memang begitu nikmat dan lezat.

Baca Juga:

Untuk proses pembuatan keripik sukun ini memang tidak cukup sulit. Sama seperti keripik yang ada pada umumnya, sukun yang nantinya akan dibuat sebagai keripik diiris tipis – tipis terlebih dulu, setelah itu diberikan bumbu penyedap yang berupa rempah – rempah.

Kemudian sukun yang sudah diiris dimasukkan ke dalam penggorengan yang berisikan minyak panas dan kemudian digoreng sampai kering. Dan langkah terakhir, keripik yang sudah jadi ditiriskan dan dikemas ke dalam plastik kemasan untuk siap dipasarkan.

Buah sukun yang ada di Manokwari memang memiliki rasa yang lebih legit jika dibandingkan sukun lainnya. Buah yang tak terlalu besar, akan tetapi wangi dan tak hancur pada saat diolah inilah yang membedakan sukun Manokwari dengan sukun yang ada di daerah lainnya.

Meskipun keripik sukun bisa di dapat di daerah Indonesia secara umum, akan tetapi keripik sukun khas Manokwari memiliki kekhasannya sendiri. Hal tersebut yang menjadikan keripik ini banyak dikenal sampai ke seluruh Indonesia.

Untuk harga per bungkusnya memang sangat bervariasi, antara Rp 50 – Rp 70 ribu rupiah, tergantung dari ukuran kemasan yang diinginkan. Selain dengan ciri khas buah sukun yang memiliki aroma cukup kuat, variasi keripik sukun di Manokwari ini pun juga layak untuk diangkat serta dilestarikan sebagai kuliner asli Manokwari Papua Barat.