Singgah Ke Balikpapan, Kamu Wajib Bawa Pulang Kerupuk Ikan Amplang

0
12
views
Kerupuk Ikan Amplang Khas Kalimantan

Kerupuk Ikan Amplang Khas Kalimantan – Memang tidak banyak yang tahu dengan cemilan yang satu ini. Kerupuk ikan amplang memang menjadi primadona kota tepian, dan kamu bisa membawanya pulang sebagai oleh – oleh untuk keluarga dan teman kantor nantinya. Kerupuk amplang khas Kalimantan memiliki cita rasa serta aroma ikan yang sangat khas. Dikategorikan sebagai makanan ringan, kerupuk amplang terbilang sangat gurih dan renyah yang bikin kamu tidak akan berhenti mengunyah.

Kerupuk ikan amplang memang dikenal dengan kekhasannya tersendiri. Dibuat dari bahan dasar daging ikan yang digiling halus, kemudian dicampurkan dengan tepung sagu. Ikan yang biasanya gunakan adalah ikan gabus, tengiri, atau pun belida. Untuk setiap jenis ikan memiliki kekhasannya masing – masing. Jenis ikan yang paling dianggap bagus adalah ikan belida, sebab ikan satu ini memiliki rasa yang gurih dan lebih enak dengan tekstur dagingnya yang lembut pada saat dihaluskan.

Baca Juga:

Lalu untuk proses pembuatan kerupuk tersebut relative sangat sederhana, akan tetapi sentuhan yang berbeda pada setiap pembuatannya mampu menciptakan kekhasannya sendiri dari tiap produsen. Dalam proses pembuatannya, ikan yang sudah dibersihkan dari sisik serta duri digiling sampai halus. Daging yang sudah halus tersebut kemudian diberi garam, bumbu – bumbu dan air sampai rata. Bila sudah, dimasukkan tepung sagu lalu diuleni sampai kalis. Adonan ini kemudian direbus atau pun dikukus kurang lebih selama satu jam, setelah itu dijemur supaya bisa menghasilkan kerupuk amplang yang bagus pada saat proses penggorengan.

Untuk tahapan selanjutnya, adonan yang masih berbentuk gumpalan – gumpalan yang berukuran besar tadi diiris tipis terlebih dulu, kemudian dipotong memanjang atau pun dengan membentuk dadu dengan ketebalan sekitar 0.5 – 1 cm. Beberapa potongan ini nantinya akan digoreng dengan minyak panas sampai mengembang dan berwarna kuning agak kecoklatan. Kerupuk amplang bisa disimpan dalam wadah tertutup supaya tetap renyah dan tahan lebih lama.

Seiring dengan berjalannya waktu, tiap produsen mempunyai cara sendiri dalam berinovasi dengan produk amplang yang dibuatnya. Diantaranya ada yang mengemas amplang ini ke dalam plastic aluminium foil yang menjadikannya tampak lebih elegan, dan juga ada yang menambahkan variasi rasa seperti ayam bawang, barbeque, lada hitam, dan rasa lainnya. Namun, apapun inovasinya, kerupuk ikan amplang khas Kalimantan ini tetap jadi kuliner yang wajib kamu bawa saat pulang dari Kalimantan, dan jangan lupa share ke teman dan kerabat jika menurut kamu informasi ini bermanfaat ya.

Komentar Terbaru

LEAVE A REPLY