Jangan Ngaku Sudah ke Jogja, Kalau Belum Coba “Kopi Joss”

0
37
views
kopi joss jogjakarta

Kopi Joss Jogjakarta – Biasanya apa yang pertama kali terlintas di benak Anda jika mendengar kata Yogja? Gudeg? Candi Borobudur? Malioboro? Atau Keraton Yogyakarta?

Wajar saja jika Anda langsung membayangkan hal tersebut, karena kesemua yang disebutkan tadi merupakan ciri khas Yogyakarta yang selalu ngangenin. Tapi, selain itu semua ada satu minuman yang tidak boleh Anda lewatkan jika berkunjung ke kota terpelajar ini, yakni Kopi Joss, sang pemberi kehangatan di kala malam kota Yogya.

Bagi yang belum tahu soal Kopi Joss, kopi ini sekilas nampak seperti kopi pada umumnya. Tapi yang membedakan adalah cara penyajiannya. Kopi Joss disajikan dengan sebuah batu bara panas yang dimasukan ke dalamnya! Unik bukan? Bagaimana rasanya? Tentunya mantap!

Tidak usah membayangkan rasanya pahit karena diberi campuran batu bara. Rasanya tetap nikmat di lidah dan tidak perih di lambung meski belum makan sekalipun.

Baca Juga :

Menurut salah seorang warga Yogyakarta, konon dinamakan Kopi Joss karena saat batu bara panas dimasukan ke dalamnya akan menimbulkan suara seperti “joss”. Konon kopi yang digunakan pun merupakan racikan sendiri dan biji kopi tradisional khas Yogyakarta, bukan kopi sachetan yang biasa dijual di warung.

“Rasanya enak, saya biasa minum Kopi Joss di kala malam ditemani gorengan dan berbagai macam sate,” ujar Galuh, seorang warga Yogyakarta ketika ditanya.

Kopi Joss ini sebenarnya mudah ditemukan di sudut-sudut kota Yogya. Biasanya penjualnya merupakan sebuah angkringan atau kedai khusus kopi. Tapi, jika ingin merasakan Kopi Joss yang mantap, silahkan berkunjung ke jalan di belakang stasiun Tugu Yogya. Di sepanjang jalan, Anda akan melihat banyak penjual kopi ini  yang berjejeran. Tempat ini pun sering dijadikan tempat nongkrong anak muda di kala malam.

Biasanya, penjual kopi ini menjajakan banyak macam camilan seperti gorengan, sate usus, sate telur, sate ati, sate kerang, dan sebagainya. Harga satu gelas Kopi Joss ini dihargai cukup murah yakni sebesar Rp5.000.

Selain nikmat, ternyata Kopi Joss atau yang dikenal sebagai The Charcoal Coffee di luar negeri ini punya banyak khasiat untuk tubuh. Arang yang masih panas pada kopi mempunyai manfaat untuk mengatasi masalah pencernaan. Arang mengandung zat yang bernama sorbitol, zat ini mampu menyerap racun yang ada di dalam tubuh secara alami dan membuangnya secara alami.

Dengan harga murah dan enak, segelas Kopi Joss Jogjakarta memberi manfaat yang tidak terkira. Itulah yang menjadi alasan, mengapa harus mencoba Kopi Joss tiap kali singgah di Yogya. Yuk ke Yogya!