Kopi Pagaralam, Kopi Robusta Dengan Rasa dan Aroma Khas Sumatera

0
37
views
Kopi Pagaralam Sumatera Selatan

Tak hanya dikenal dengan pemandangan alamnya yang sangat indah, ternyata Pagaralam juga dikenal sebagai salah satu wilayah penghasil kopi robusta paling unggul di Indonesia.

Hubungan antara kopi dengan masyarakat Pagaralan ini memang sangat harmonis, ini dapat dilihat dari dari tradisi menjemur kopi di halaman rumah yang sering sekali dilakukan oleh masyarakat desa di Sumatera Selatan. Biji kopi yang sudah dijemur lalu dijual ke para pebisnis kopi rumahan yang banyak berada di kota pagaralam.

Di tangan para pebisnis, kopi yang sudah dibeli dari petani akan langsung dicuci hingga benar bersih, kemudian di masukkan ke dalam proses penggorengan. Apabila sudah dimasak, kopi kemudian akan ditampi dan dibersihkan dari batu.

Melalui proses penggorengan, biji kopi ini kemudian digiling dengan menggunakan alat penggiling manual. Dan biji kopi yang sudah digiling tersebut lalu dimasukkan ke dalam kemasan untuk kemudian dijual.

Baca Juga:

Kopi Pagaralam Sumatera Selatan ini memiliki cita rasa asam dan juga pahit yang sangat pas. Salah satu pebisnis kopi dengan merek Kopi Kawah Dempo, Arman Sukardi, menceritakan bahwa walaupun di Pagaralam memiliki banyak sekali pebisnis kopi, akan tetapi proses penggorengannya menentukan rasa serta aroma kopi yang khas.

Kopi Kawah Dempo contohnya saja, digoreng dengan menggunakan kayu bakar dan dengan bakaran api yang selalu diawasi. Pada saat asap dari proses pembakaran ini sudah mulai banyak, ini artinya bahwa biji kopi telah masak. Hal yang seharusnya dilakukan adalah dengan mengecilkan api misalnya saja dengan menyisakan baranya saja.

Yang demikian ini bertujuan supaya bisa menghasilkan biji kopi dengan cita rasa khas serta aroma yang sangat nikmat. Dibanderol dengan harga sekitar 40ribu rupiah/kg. Kopi Kawah Dempo sering sekali dijadikan sebagai oleh – oleh khas bagi berkunjung ke Pagaralam.

Walaupun produktif sebagai wilayah dari penghasil biji kopi, akan tetapi pada kenyataannya di Pagaralam masih cukup sulit sekali untuk menemukan kedai – kedai kopi. Hal yang demikian butuh perhatian bagi masyarakat untuk menjadikan kopi sebagai tradisi yang sudah cukup mengakar di Pagaralam.

Nah, jika kamu berkunjung ke Sumatera jangan lupa untuk membeli kopi robusta satu ini sebagai oleh – oleh khas Sumatera untuk keluarga, kerabat, atau pun teman – teman terdekat ya.