Ini Dia Kemolekan Kue Talam Ubi Khas Jakarta Yang Menggoda

0
2
views
Kue Talam Ubi Jakarta

Kue Talam Ubi Jakarta – Kue asli ibukota ini memang sangat menarik. Dengan perpaduan warna antara putih di bagian atasnya dan warna coklat kekuningan di bagian bawah membuatnya terlihat menggoda. Rasa dari kue talam ubi ini sangat manis dan memiliki teksturnya yang lembut.

Kue talam ubi biasanya menjadi salah satu jajanan pasar favorit khas betawi. Memiliki beberapa jenis yang memang sudah cukup dikenal oleh masyarakat seperti kue talam hijau, talam kentang, talam ubi, dan talam ebi membuat kamu punya banyak pilihan saat ingin mencicipi. Nah, jika kamu mau tahu lebih jelasnya mengenai kuliner kue talam ubi Jakarta tersebut, ayo simak beberapa ulasan selengkapnya ya.

Kuliner Kue Talam Ubi Asli Jakarta

Kue talam ubi sudah lama menjadi kue tradisional yang bertekstur lembut dan kenyal. Kue ini dibuat dari bahan tepung ketan dan tepung beras. Kadang kue talam juga dicampurkan dengan dengan suwiran udang maupun ebi kering, sehingga namanya jadi kue talam bumbu. Sementara itu kue talam yang dibuat dengan menggunakan campuran kentang disebut dengan kue talam kentang yang dicirikan warnanya yang coklat pucat.

Baca Juga :

Awal mulanya kue talam dibuat dari ubi merah, sehingga warnanya berlapis merah kecoklatan dan juga putih. Mulai berjalannya waktu, kue talam sudah dimodifikasikan sedemikian rupa, sehingga menjadikan warnanya tak hanya kecoklatan akan tetapi juga ungu dan hijau. Saat sedang mengalami kesulitan bahan baku ubi merah, kue talam biasanya disiasti dengan menggunakan bahan pengganti berupa tepung ketan sebagai lapisan yang paling bawah dan dicampurkan dengan gula merah untuk warna yang mirip sekali dengan kue talam ubi merah.

Untuk kamu yang tertarik membuat sendiri kue talam ubi, kamu bisa menyiapkan ubi jalar, tepung kanji, dan juga tepung beras. Untuk menambahkan nuansa rasa pada kue talam, silakan tambahkan santan yang nantinya akan membuat kue terasa sangat nikmat saat berada di dalam mulut.

Kuliner khas asli Jakarta ini bisa dengan sangat mudah kamu temukan di pasar – pasar tradisional. Dan kamu tidak perlu bingung, karna kue talam ubi sangat mudah di kenali di antara jajanan pasar lainnya. Untuk harga, kue talam ubi, memang sangat murah di kantong. Hanya dengan 1000 rupiah saja, kamu sudah bisa melumat sebungkus kue talam ubi yang manis lho.

Bagaimana? Tertarik mencicipinya? Jangan sampai melewatkan kuliner khas Ibukota ini ya, dan jangan lupa share ke teman dan kerabat jika menurut kamu informasi ini bermanfaat.

Komentar Terbaru