Kuliner Holat Khas Kota Salak Padang Sidempuan Sumatera Utara

0
71
views
kuliner holat kota padang sidempuan

Berjalan – jalan ke kota Medan, tepatnya di daerah Padang Sidempuan jangan hanya berkunjung ke tempat wisata alam atau sejarahnya saja. Hal tersebut pastinya sudah sangat sering Anda kunjungi sebagai salah satu tujuan wisata bersama keluarga, kerabat, teman, rekan kerja, atau pun orang terkasih.

Sebab, bagaimana pun juga jika berkunjung ke kota orang tak lengkap rasanya jika masih belum mencicipi makanan khas daerah yang biasanya disajikan dengan cita rasa yang unik dan menarik untuk dicoba. Tak terkecuali di Medan Padang Sidempuan ini, terdapat beberapa kuliner yang wajib Anda coba, salah satunya adalah holat.

Tahukah Anda mengenai makanan yang bernama holat tersebut? Holat adalah salah satu sajian kuliner khas Medan Padang Sidempuan paling difavoritkan dan terkenal. Sebagai makanan paling enak dan menggugah, holat hanya bisa Anda temukan di kota Medan, khususnya di daerah Padang Sidempuan. Mau tahu informasi lengkapnya mengenai kuliner holat khas Medan Padang Sidempuan? Simak baik – baik ulasan dibawah ini yuk!

Baca Juga :

Perlu Anda tahu bahwa holat khas Medan Padang Sidempuan ini adalah salah satu makanan yang bisa dibilang paling digemari oleh masyarakat Padang Sidempuan. Yang mana makanan holat tersebut memiliki ciri khas tersendiri dengan bahan – bahan seperti ikan mas sebagai bahan utamanya yang nanti akan dicampurkan dengan kuah yang dibuat dari buah balakka.

Selain itu, ditambahkan juga dengan rempah – rempah, seperti halnya bawang merah. Makanan khas Medan Padang Sidempuan ini akan terasa semakin nikmat dan lezat lagi bila disertai dengan pakkat atau pucuk rotan muda serta sambal tuk – tuk.

Dijual dengan harga sekitar Rp 25 ribu rupiah, makanan holat khas Medan Padang Sidempuan tersebut konon dulunya jadi makanan bagi para raja. Makanan yang terbilang unik dan langka ini tentu sangat disayangkan sekali untuk dilewatkan begitu saja pada saat Anda berkunjung ke daerah Padang Sidempuan.

Ikan mas yang jadi bahan utama dalam pembuatan holat tersebut biasanya akan disajikan tanpa disuwir atau pun dipotong kecil – kecil layaknya daging ayam maupun daging sapi yang ada pada sup dan soto. Ikan mas dalam holat malah disajikan utuh dari kepala sampai ekornya.

Ikan yang sebelumnya di masak dengan cara dipanggang tersebut disajikan dengan cara ditenggelamkan ke dalam kuah yang rasanya sudah pasti tidak diragukan lagi. Adapun rasa gurih kuah dalam sajian holat khas Medan Padang Sidempuan ini asalnya dari satu bumbu utama yang katanya juga sangat berkhasiat sekali bagi kesehatan.