Kalo Kamu Liburan ke Papua Jangan Lupa Coba Ikan Asar ya, Kuliner Khas Tanah Jayapura

0
23
views
Kuliner Ikan Asar Jayapura

Papua, terutama kota Jayapura tidak dipungkiri lagi memang pesona bak surga dunia. Heterogenitas penduduk Jayapura ini malah menjadikan kota tersebut jadi semakin kaya dan juga unik, termasuk juga dengan kuliner khasnya. Salah satu santapan yang menjadi kebanggaan kota Jayapura adalah ikan asar.

Kuliner Ikan Asar Jayapura ini pada dasarnya sama seperti ikan asap. Namun yang membedakannya adalah saat pengasapannya. Umumnya ikan diletakkan di atas asap secara horizontal, tapi pengasapan ikan asar agak berbeda karena ikan asar diletakkan secara diagonal di sisi bara api yang menghasilkan asap.

Teknik pengasapan ikan asar tersebut dilakukan agar ikan masak sampai ke dalam sisi dan benar – benar kering, sehingga tidak terdapat lagi kandungan air yang tersimpan di dalam daging ikan.

Baca Juga:

Bahan utama pembuatan ikan asar biasanya ikan cakalang, ikan tongkol, atau pun ikan ekor kuning. Ikan yang dibutuhkan harus bertekstur cukup padat supaya tidak mudah rusak pada saat diasapi. Lama proses pengasapan ikan asar kurang lebih sekitar 4 sampai 5 jam dan dilakukan di dalam ruangan yang tertutup, supaya asap meresap hingga matang dengan sempurna ke dalam daging ikan.

Salah satu keunikan ikan asar tidak hanya pada cara pengolahan saja, tapi juga dari cita rasa ikan yang sangat otentik. Gurihnya daging ikan serta aroma yang sangat menggiurkan selera semakin pas saat dinikmati dengan sepiring nasi putih hangat dan sambal kecap.

Ikan asar saat ini sudah sangat dikenal hingga ke seluruh pelosok Jayapura, dan ikan asar pun juga menjadi salah satu buah tangan bagi para wisatawan yang berkunjung. Jadi bagi kamu yang berencana melancong ke tanah Jayapura, tidak ada salahnya menikmati kuliner unik yang satu ini ya, dan jangan lupa share ke teman dan kerabat jika menurut kamu informasi ini bermanfaat.