Kapurung, Santapan Yang Wajib Kamu Coba Saat Singgah di Sulawesi Selatan

0
29
views
Kuliner Kapurung Sulawesi Selatan

Berkunjung ke Sulawesi Selatan pasti tidak lengkap rasanya kalau tidak diakhiri dengan berwisata kuliner. Punya aneka wisata kuliner khas yang patut dicoba seperti Kapurung.

Kuliner Kapurung Sulawesi Selatan sejatinya merupakan makanan berkuah dengan rasa sedikit asam dan sangat menyegarkan. Kuliner ini merupakan makanan tradisional khas dari Palopo yang berasal dari tradisi masyarakat di Desa Luwu. Dan sekarang menjadi sangat terkenal di Sulawesi hingga menjadi santapan wajib saat singgah di kota tersebut.

Kapurung sangat kaya akan kandungan gizi yang tinggi. Ada banyak sayuran yang dihidangkan bersama dengan Kapurung sehingga dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Ditambah potongan ikan, daging ayam atau udang tentu saja akan menjadi sumber protein terbaik untuk kamu. Karena itu makanan ini cocok untuk para penikmat kuliner yang sedang menjaga berat badannya. Asalkan jangan tambah dengan kuah yang berlebihan.

Baca Juga:

Kuliner Kapurung Sulawesi Selatan dapat ditemukan dengan mudah. Cara membuatnya juga terbilang mudah. Kamu perlu siapkan sagu asli atau tepung sagu yang nantinya akan dilarutkan dengan air panas. Setelah sagu mengental, adonan tersebut dibentuk bulat kecil seukuran bakso. Makanan yang menggunakan bahan dasar sagu ini disajikan dengan kuah bumbu kacang yang dicampur aneka sayur mayur dan daging ikan.

Sayuran yang biasa digunakan menjadi bahan pendamping Kapurung diantaranya adalah jagung manis, kacang panjang, bayam, terong, dan juga jantung pisang. Beri juga sedikit tambahan bumbu penyedap seperti cabai, kemiri, lada dan juga bawang putih. Dijamin sensasi perpaduan tersebut tidak akan mengkhianati kamu saat mencicipinya.

Bagi para penikmat kuliner yang tidak terlalu suka dengan ikan, kamu bisa ganti ikan dengan daging ayam dan udang. Kuah bumbu kacang yang kaya rempah pedas nantinya akan memberikan kehangatan di tenggorokan bagi para penikmatnya. Dan kapurung yang dibuat dari sagu ini mudah dicerna, kenyal juga mengenyangkan.

Di Makassar  Sulawesi Selatan, ada setidaknya lima rumah makan yang terkenal dengan sajian kuliner Kapurung diantaranya Rumah Makan Aroma Luwu di Jalan Rajawali 2, Rumah Makan Aroma Palopo di Jalan Kasuari, Warung Kapurung Bopal di Jalan Perintis Kemerdekaan, Warung Kapurung Marasa di Jalan Perintis Kemerdekaan, dan Rumah Kapurung di Jalan Pandang Raya Makassar.

Satu porsi Kapurung harganya terbilang murah. Biasanya rumah – rumah makan menjual Kapurung dengan harga mulai dari 15ribu rupiah per porsinya. Jadi jangan sampai kamu melewatkan wisata kuliner yang satu ini ya, dan jangan lupa share ke teman atau kerabat jika menurut kamu informasi ini bermanfaat.