5 Kuliner Khas Ranah Minang Yang Wajib Kamu Cicipi

0
78
views
Kuliner Padang

Melancong ke ranah minang tidak akan sempurna tanpa berburu kuliner khas minangkabau yang sangat kaya dengan cita rasa rempahnya. Dan inilah beberapa rekomendasi kuliner ranah minah atau khas padang yang jangan sampai terlewatkan untuk kamu cicipi.

1. Los Lambuang Bukittinggi

Los lambuang merupakan tempat makan yang berada di Bukittinggi yang berjarak 50 meter dari Jam Gadang dengan melewati Pasar Lereng Bukittinggi. Disana kamu akan menemukan banyak pedagang nasi kapau dalam petak – petakan kios yang terbukti akan memanjakan lidah.

Deretan lauk pauk dalam baskom seperti gulai tambunsu, gulai kikil, gulai itiak, dendeng balado, itiak lado hijau, gulai cancang, pangek ikan, goreng belut dan pastinya gulai kapau yang menjadi ciri khas nasi kapau. Harga seporsi nasi kapau sekitar Rp 20.000 dan pastinya akan membuat kamu bingung memilih apa yang ingin di cicipi terlebih dahulu.

2. Soto Padang

Soto Padang memiliki ciri khas tersendiri dengan soto dari daerah lainnya. Seporsi soto padang berisi bihun, irisan daging sapi yang sudah di goreng kering, juga pergedel kentang yang kemudian di siram dengan kuah kaldu dan diberi tambahan taburan bawang goreng.

Soto Padang dihidangkan juga dengan sepiring nasi putih yang dikelilingi kerupuk merah. Soto padang terkadang juga ditambahkan dengan daging paru yang sudah digoreng kering yang menambah kenikmatan dari soto padang itu sendiri.

3. Sate

Sate khas minang sangat berbeda dengan sate lainnya.  Sate padang kaya akan bumbu, terutama dalam racikan kuah kental kuningnya yang sangat khas. Tusukan sate padang tidak hanya daging sapi, namun juga bervariasi seperti lidah sapi, jeroan sapi, lokan, bahkan juga ada ceker ayam.

Sate padang dihidangkan lengkap dengan potongan persegi lontong ketupat, dan untuk tambahan kenikmatan sate padang, kamu bisa menambahkan dengan kerenyahan keripik pedas atau kerupuk kulit yang nantinya disiram dengan kuah sate dan taburan bawang goreng.

4. Jajanan Pasar Khas Minang

Bicara soal jajanan pasar, ranah minang memiliki khas yang tidak akan ditemui di daerah lain. Kamu bisa mulai mencoba dengan beberapa jajanan pasar seperti lamang tapai, sala lauak khas pariaman, bika si mariana, pisang sapik, rakik maco, galamai, karupuak sanjai, karak kaliang, pinyaram, arai pinang, surabi, lopis, lapek bugih, dan masih banyak lagi jajanan yang akan membuat mulut kamu tidak berhenti mengunyah.

Baca juga:

5. Bubur Kampiun

Bubur kampiun terdiri dari campuran ketan putih yang dikukus, bubur putih atau bubur sumsum, bubur ketan hitam, kolak pisang/ubi, bubur kacang hijau atau kacang padi dan bubur conde atau candil.

Di beberapa tempat, bubur kampiun juga ditambahkan dengan lupis ketan putih. Sensasi rasa manis, gurih, enak dan unik bersatu dalam mulut kamu saat menyantap bubur kampiun ini.