Nikmati Gurih dan Pedasnya Lemper Pengkang Asli Kalimantan Barat yang Menggugah Selera

0
30
views
Lemper Pengkang Kalimantan Barat

Lemper Pengkang Kalimantan Barat – Kuliner khas Kalimantan Barat yang satu ini memang pas sekali dimakan dalam keadaan masih hangat. Rasa gurihnya kentan dipadukan dengan aroma udang yang menyatu disetiap gigitan lemper pengkang Kalimantan Barat.

Lemper pengkang sebenarnya berasal dari desa Peniti, kecamatan Siantan, atau yang lebih tepatnya lagi ada di jalan Raya Pontianak, Singkawang, Kaimantan Barat. Tak sama seperti lemper yang biasanya dikenal, lemper pengkang memiliki bentuk yang sangat unik seperti kerucut yang diikat dengan dua buah bilah potongan bambu.

Baca Juga:

Selain dari bentuknya yang unik, cara penyajian lemper pengkang pun juga tidak kalah unik. Lemper pengkang dimasak dengan cara dibakar, setelah 2 potong lemper pengkang dibakar, kemudian disajikan bersama dengan sambal merah dan sambal kepah. Kedua sambal yang disajikan ini memiliki cita rasa yang berbeda, sambal merah memiliki rasa yang bisa dibilang cukup pedas dan sementara itu sambal kepah sendiri terasa lebih manis.

Lemper pengkang Kalimantan Barat ini biasanya disajikan bersama sambal merah pedas dan sambal kepah. Sambal kepah dibuat dari kerang yang biasanya hidup di hutan mangrove wilayah Kalimantan Barat. Kepah tersebut diolah dengan cara direbus sampai matang, setelah itu dicampurkan dengan sambal dan beberapa bumbu penyedap tambahan.

Lemper pengkang dibuat dari bahan dasar beras ketan yang terlebih dulu dimasak dengan santan. Bila sudah diberi isian ebi kering (udang kecil yang terlebih dulu disangrai), kemudian dibungkus dengan menggunakan daun pisang yang telah dibentuk kerucut. Setelah dibentuk kerucut, lemper pengkang kemudian dijepit dengan sebilah bambu yang sudah dipotong kecil – kecil dan dipasang dengan cara menjepit pada kedua sisi lemper dan bagian ujungnya diikat. Lemper pengkang kemudian diolesi sedikit minyak, lalu dibakar di atas bara tempurung kelapa, sehingga bisa menghasilkan aroma yang sangat khas.

Untuk kamu yang tertarik dengan makanan khas Kalimantan Barat ini, jangan pernah melewatkan untuk mencicipi lemper pengkang saat datang berkunjung. Harga lemper pengkang ini juga sangat terjangkau, cukup dengan 15 ribu rupiah kamu sudah bisa menikmati kelezatan dari lemper pengkang. Rasa manis yang dipadukan dengan pedasnya sambal dijamin akan menggugah selera penikmatnya. Walaupun berukuran kecil, lemper pengkang ternyata cukup mengenyangkan juga.

Buat kamu yang akan berencana datang ke Kalimantan Barat, jangan sampai lupa mencicipi lemper pengkang, kuliner khas kota khatulistiwa ini, dan jangan lupa share ke teman dan kerabat jika menurut kamu informasi ini bermanfaat ya.

Komentar Terbaru