Rasakan Sensasi Liburan yang Berbeda di Gunung Ile Ape, Gunung Keramat Pulau Lembata

0
23
views
objek wisata gunung Ile Ape

Objek Wisata Gunung Ile Ape – Berbicara tentang Lembata, kebanyakan orang pasti akan langsung terbayang dengan perburuan ikan paus. Ya, Lembata memang sangat erat dengan tradisi perburuan ikan raksasa yang bahkan sudah berlangsung ratusan tahun lamanya dan sudah banyak dikenal orang tentang tradisi ini.

Akan tetapi nyatanya Lembata tidak hanya punya tradisi ini akan tetapi Lembata punya sebuah gunung yang dikenal sebagai gunung keramat yaitu Gunung Ile Ape. Dulunya tak ada yang berani datang ke Gunung Ile Ape yang dikenal keramat ini sampai kemudian pada akhirnya tempat ini menjelma menjadi sebuah tempat wisata dan ramai dengan kunjungan wisatawan di beberapa waktu.

Gunung Ile Ape berdiri tegak dan menjadi titik tertinggi di Pulau Lembata seakan – akan ia sedang mengawasi segala kegiatan yang berlangsung di Pulau Lembata. Anda tertarik berwisata kemari?

Objek Wisata Gunung Ile Ape

Kalau kita bicara tentang Gunung Ile Ape, banyak masyarakat yang percaya Gunung Ile Ape sebagai sebuah gunung keramat. Karena itu dulunya tak banyak orang yang berani kesini karena dianggap keramat.

Lain halnya dengan sekarang, saat ini Gunung Ile Ape sudah dibuka menjadi sebuah tempat wisata untuk masyarakat umum. Hanya saja bagi kamu yang punya kesempatan bersua langsung di gunung ini, kamu sangat dianjurkan untuk menghormati adat masyarakat setempat dan jangan membuat kotor di tempat ini.

Baca Juga :

Objek wisata Gunung Ile Ape yang saat ini populer memiliki ketinggian sekitar 1450 meter diatas permukaan laut. Objek wisata ini memang punya penampakan yang hampir mirip dengan Gunung Bromo di Probolinggo Jawa Timur.

Salah satu faktor yang membuat gunung ini punya kesamaan dengan Gunung Bromo di Probolinggo Jawa Timur adalah hamparan pasir luas dengan gunung api aktif yang berdiri kokoh di tengah hamparan pasir tersebut. Tepat berada di gundukan gunung api, kamu akan disajika pemandangan dengan semburan asap dan beberapa titik kuning dari belerang sebagai tanda aktivitas vulkanik yang ada didalamnya.

Untuk mendaki di Objek wisata Gunung Ile Ape ini, kamu bisa mulai dari kampung Lewotolok, kampung ini merupakan salah satu kampung adat yang letaknya berada di kaki Gunung Ile Ape. Gunung ini juga biasa dijadikan tempat digelarnya upacara adat Utan Werun yang merupakan sebuah perayaan tutup tahun dari masyarakat adat Lamarian.

Di puncak Gunung Ile Ape kamu akan disuguhkan pemadangan pesona indah birunya laut Flores yang memiliki latar Pulau Adonara dengan Gunung Ile Boleng. Jika kamu sudah mendaki berada di titik tertinggi Pulau Lembata, kamu juga bisa menyaksikan pemandangan pesona alam dari atas ketinggian yang dijamin akan membuat kamu merasakan sensasi alam yang sempurna.

Nah, itulah sedikit informasi yang bisa kami bagi untuk kamu tentang Objek wisata Gunung Ile Ape, objek wisata yang bisa jadi salah satu destinasi liburan kamu dengan orang terkasih. Jika menurut kamu informasi ini bermanfaat, jangan lupa share informasi ini ke teman dan kerabat kamu ya. Selamt berlibur.

Komentar Terbaru