Perkebunan Teh Kayu Aro Jambi, Kebun Teh Tertinggi Kedua Di Dunia, Pecinta Telusur Wajib Datang Kemari

0
36
views
Perkebunan Teh Kayu Aro Jambi

Perkebunan Teh Kayu Aro Jambi – Jika Kebun Teh Bandung sudah terlalu ekstrim dan terlalu sering Anda kunjungi, sekarang waktunya Anda alihkan pandangan ke Pulau Sumatera. Provinsi Jambi di Pulau Sumatera memiliki sebuah tempat wisata kebun teh yang sangat indah dan dikatakan bahwa tempat wisata ini adalah kebun teh terindah di Indonesia saat ini. Perkebunan tersebut dikenal sebagai Perkebunan Teh Kayu Aro Jambi.

Hamparan teh yang sangat luas menjadikan lautan hijau yang begitu menawan. Pondok – pondok yang memukau juga dapat Anda saksikan. Perkebunan Teh Kayu Aro Jambi memiliki lahan seluas 2500 ha dengan ketinggian 1600 mdpl. Suasana hijau dan segar akan dapat Anda temukan. Wisata ini juga dikatakan sebagai tempat wisata unik karena terdapat teh hitam ortodox terbaik di Indonesia di tempat wisata yang satu ini.

Perkebunan Teh Kayu Aro Jambi

Perkebunan Teh Kayu Aro Jambi letaknya berada di kaki Gunung Kerinci tepatnya berada di daerah Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Jambi. Objek wisata ini memiliki jarak sekitar 434 km dari pusat kota Jambi atau setara dengan sembilan jam perjalanan. Perjalanan yang paling dekat adalah 32 km dari Kota Sungai Penuh.

Baca Juga :

Mengenai rutenya, Anda bisa naik bus ke arah Muaro Bungo. Kemudian nanti Anda akan melalui Danau Kerinci dan Kabupaten Merangin. Kemudian lanjutkan dengan perjalanan ke Sungai Penuh dengan mini bus. Jika Anda lewat Padang, Anda bisa naik bus Padang menuju Sungai Penuh. Jika dari arah ini perjalanan yang Anda tempuh selama 6 jam. Anda akan melewati 300 km Muara Labuh dan Taman Hutan Raya Muhammad Hatta.

Perkebunan Teh Kayu Aro merupakan satu – satunya kebun teh yang memproduksi teh hitam ortodox yang menjadi salah satu teh hitam terbaik di dunia. Prosesnya juga unik. Teh hitam ini dibuat dari cara konvensional. Nantinya serbuk teh yang dihasilkan tidak memakai pewarna apalagi pengawet sehingga sangat sehat. Bahkan pekerja dilarang menggunakan kosmetik dalam pembuatannya untuk menjaga kebersihan teh tersebut.

Kebun Teh Kayu Aro yang sekarang telah menjadi Perkebunan Teh Kayu Aro Jambi dapat memproduksi sebanyak 5500 ton teh hitam ortodox. Teh ortodox grade satu yang merupakan teh unggulan yang dihasilkan, menjadi jenis teh terbaik yang diekspor bahkan sampai ke Eropa, Rusia, Amerika Serikat, Pakistan, Asia Tengah dan juga Asia Tenggara.

Awalnya Perkebunan Teh Kayu Aro didirikan oleh perusahaan Belanda bernama Namlode Venotchaat Handle Veringing Amsterdam di tahun 1925. Kemudian tahun 1959 berdasarkan PP no 19 tahun 1959 kemudian kebun ini resmi menjadi milik Indonesia dengan pengawasan yang dilakukan oleh PTPN VI. Saat ini dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara VI.

Ada banyak rekomendasi wisata di Jambi, salah satunya Anda dapat berkunjung menuju Perkebunan Teh Kayu Aro Jambi. Dapatkan pengetahuan dan pengalaman berharga disana.

Komentar Terbaru